Widget HTML Atas

cetak kartu nama murah 24 jam

Proses Cetak Kartu Nama dari Persiapan Sampai Laminasi

Ketika cetak kartu nama, prosesnya akan melalui serangkaian tahap berurutan, dari persiapan sampai laminasi. Proses pencetakan ini dilakukan oleh profesional pada bidangnya untuk mendapatkan hasil berkualitas agar keterbacaan bisa jelas seiring desain estetik.


Kartu nama digunakan untuk identitas diri yang menunjukkan keprofesionalan dalam bidang pekerjaan yang digeluti seseorang. Kenapa bukan menunjukkan KTP saja? KTP sifatnya umum dan tidak menyatakan profesionalitas apapun, sementara yang kami bahas berbeda.

5 Langkah Cetak Kartu Nama yang Benar

Sebelum akhirnya jadi dan dapat digunakan serta diberikan kepada orang lain sebagai kepentingan kerja, proses mencetaknya harus melalui beberapa langkah. Langkah-langkah tersebut kami rangkum dalam pembahasan detail berikut ini:

1. Persiapan Alat dan Bahan

  • Proses pertama untuk memastikan keseluruhan proses lainnya berjalan dengan lancar adalah mempersiapkan alat serta bahan secara lengkap. Adapun berbagai bahan serta alat yang dibutuhkan meliputi:
  • Kertas khusus yang dibuat untuk kartu nama, yakni PVC karena kedua sisinya bisa dicetak
  • Tinta pigment China dengan pertimbangan berbagai kelebihannya anti gores, lebih kuat, anti pudar, anti luntur, dan memberikan kesan lebih natural
  • Printer untuk melakukan pencetakan kartunya
  • Alat laminasi sebagai proses akhir atau penyelesaian sebelum cetak kartu nama selesai dan siap digunakan

Berbagai alat berikut bahan di atas harus lengkap dan digunakan secara berurutan sesuai fungsinya. Meskipun menggunakan jasa profesional, namun tidak ada salahnya Anda mengetahui proses pembuatannya sebagai bahan pengetahuan bagi diri sendiri.

2. Desain yang Diinginkan

Setelah semua alat maupun bahan disiapkan secara lengkap, selanjutnya masuk ke proses desain. Terdapat beberapa hal harus diperhatikan ketika melakukan proses desain agar desainnya dengan ukuran kartu tetap presisi. Adapun berbagai hal penting tersebut adalah:

  • Sesuaikan workspace pada saat melakukan proses desain dengan kertas PVC biasanya berdimensi 200 x 300 mm
  • Sesuaikan desain dengan ukuran kartu, yakni kebanyakan menggunakan ukuran 90 x 55 mm. Standar ukuran cetak kartu nama ini bervariasi di setiap negara. Untuk mengubah ukurannya, Anda bisa mengotak-atik pengaturan pada ukuran kertas.
  • Salin kotak bantu potong guna mendapatkan desain lainnya. Edit sampai Anda mendapatkan ukuran kertas yang diinginkan
  • Perhatikan isinya, seperti penggunaan teks, logo, warna, dan komposisi lainnya agar identitas lembaga yang mengeluarkannya dapat tampil sesuai karakteristiknya di hadapan publik

Anda bisa memberikan pesanan desain sendiri kepada jasa yang melakukan percetakan. Pastikan untuk memberitahukan logo perusahaan dan berbagai hal lain yang menjadi komposisi visual pada kartunya setelah dicetak.

3. Pengaturan Ukuran Kertas

Untuk mendapatkan hasil tepat, Anda harus melakukan pengaturan pada printer berikut kertasnya. Supaya tidak keliru, berikut beberapa langkah pengaturan cetak kartu nama melalui setting ukuran kertasnya:

Pilih jenis kertasnya yang glossy pada bagian Paper Type

  • Pada bagian Quality silahkan pilih Best Photo
  • Ubah ukuran dari 2000 x 3000 lengkap dengan konfigurasi unit 0,01 cm, tinggal sesuaikan saja dengan kertas yang digunakan 
  • Pada bagian kotak More Option silahkan pilih Mirror Image
  • Kemudian untuk mengakhiri proses pembuatannya maka klik Apply
  • Sekarang Anda sudah mengatur ukuran dan jenis kertas secara tepat. Selanjutnya bisa beranjak ke tahap proses percetakan.

4. Persiapan Proses Cetak

Sebelum memasuki tahapan ini, pastikan semua proses di atas sudah benar-benar dilakukan secara tepat. Jika sudah, maka perhatikan hal penting untuk cetak kartu nama dengan memastikan lapisan yang digunakan untuk media cetak adalah lapisan 1 dan 3.

Untuk lapisan dua fungsinya sebagai penengah saja. Setelah proses cetak berhasil dan terbukti bentuknya presisi maka tunggu hingga tinta mengering kurang lebih selama 5 menit.

5. Laminasi dan Pemotongan

Terakhir merupakan proses pemotongan yang dilakukan dengan benar hanya jika hasil cetaknya sudah tepat. Untuk melakukan pemotongan dan laminasi, Anda harus memotong PVC ID Card dengan dimensi 90 x 55 mm, seukuran dengan kartunya.

Kertas PVC ini yang nantinya menjadi lapisan kedua, sementara pada bagian depan dan belakang ditempelkan lapisan 1 dan 3 hasil print. Setelah dipotong maka silahkan laminasi di atas suhu 150 derajat celcius untuk hasil maksimal.


Anda tidak perlu melakukan proses pembuatan kartunya sendiri. Jika bisa menggunakan jasa dari kami, untuk apa repot lagi? Pastikan memilih Qinaya Printing untuk cetak kartu nama sesuai kebutuhan.


Whatsapp : 0812 7733 1679

Phone : 0812 7733 1679

Alamat : Jl. Balai Pustaka Baru No. 43-44 Rawamangun Jakarta Timur (Samping SMKN 26)


Untuk yang ingin cetak stiker langsung jadi ada beberapa yang perlu anda siapkan terlelih dahulu seperti :

  • Desain - anda harus sudah punya desain yang akan di cetak sehingga kami bisa langsung masuk proses print langsung tanpa harus desain dulu.
  • Pembayaran - Aturan untuk layanan online kami yaitu pembayaran dulu baru di proses orderan, jadi anda harus membayar terlebih dahulu bisa lewat transfer saja.
  • Alamat pengiriman - harus sudah menyediakan kemana pesanan akan dikirim, alamat untuk pengiriman harus jelas dan tepat agar pesanan bisa sampai sesuai waktunya.


Terimakasih ! Semoga Cetak kartu nama Online di Jakarta Timur (Buka 24 Jam) yang sengaja kami sediakan ini bisa bermanfaat untuk kemudahan dalam pemesanan . 

Semoga menjadi langganan !!!




 

wa